SERIUS TAPI SANTAI
Rabu, 21 November 2018, Kegiatan
Belajar Mengajar (KBM) dapat mempengaruhi tercapainya target kurikulum, atau
target tersampaikannya pelajaran kepada siswa, sehingga para guru akan memutar
otak bagaimana sedapat mungkin agar pelajaran yang disampaikan akan mudah
difahami oleh murid, dan tercapai target yang diharapkan.
Pertama faktor internal siswa, Faktor
yang berasal dari dalam diri siswa sendiri meliputi dua aspek, yakni aspek
psikologis (bersifat jasmaniah) dan aspek fisiologis (yang bersifat rohaniah).
Kedua adalah faktor
eksternal siswa, Faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar diri
siswa yang meliputi dua faktor, yakni faktor lingkungan, baik lingkungan
alami maupun lingkungan sosial, dan faktor instrumental. Faktor
instrumental ini meliputi kurikulum, program, sarana dan fasilitas, guru atau
tenaga pendidik.
Pada hari Rabu, jam pelajaran ke-5,
siswa-siswi MTs Muhammadiyah 1
Karangagung, kelas VII-B, saat kegiatan belajar mengajar berlangsung, mereka ada
yang duduk di bawah pohon, ada yang santai-santai berbaring tengkurap, di teras
kelas mereka, sambil tetap mengerjkan kegiatan yang ditugaskan oleh gurunya.
Sesekali mereka berdiri, atau
bangkit untuk mengambil alat tulis ke dalam kelas, kemudian kembali ke tempat
semula. Sepertinya sangat menyenangkan, meski mereka santai, tapi tetap serius
dengan pelajaran yang sedang berlangsung.
Kali ini mereka sedang belajar
pelajaran al Qur-an dan al Hadits, tampak di hadapan mereka masing masing,
sebuah al Qur-an dan buku tulis.
Bapak Mafi Asy’ari,,S.P.d.I, pengampu mata
pelajaran al Qur-an dan al Hadits, sesekali memberikan pengarahan, dan
menjelaskan apa yang harus dilakukan oleh para siswa, atau memberi arahan
kepada siswa yang dirasa belum faham dengak pelajaran tersebut.
Semoga hari ini, pelajaran akan
tersampaikan dengan baik, sehingga target kurikulum dapat tercapai sebagaimana
yang dicencanakan oleh Bapak Guru, dan MTs Muhammadiyah 1 Karangagung Palang.
Redaksi
PR.IPM MTs Mutu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar