pesan untuk anda

SELAMAT DATANG DI BLOG PR.IPM MTs MUHAMMADIYAH 1 KARANGAGUNG, MOHON SARAN DAN KRITIKNYA, TERIMA KASIH

Jumat, 16 November 2018

imunisasi difteri



IMUNISASI Difteri
Nangis Lagi-lagi Nangis

Dua mobil asing  dan beberapa motor matic memasuki lingkungan MTs Muhammadiyah 1 Karangagung, satu mobil berjenis MPV warna abu-abu dan satu lagi mobil warna putih berjenis VAN dengan lampu strobo di atasnya lengkap dengan gambar palang merah di beberapa sisinya, sontak membuat gaduh dari dalam kelas. Sebagian Siswa berdiri dan berteriak  “Suntikaaan... Suntikaaa...!” ada pula yang gelisah berjalan mondar-mandir di dalam kelas.

Petugas dari Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) Kecamatan Palang telah tiba di Madrasah kami, dengan membawa peralatan sebagaimana petugas medis mereka keluar dari dua mobil yang terparkir di halaman madrasash disambut oleh kepala madrasah dan beberapa guru, kemudaian mereka menuju ruang Kepala Madrasah.

Pagi ini, Sabtu 17 Nopember 2018, siswa-siswi MTs Muhammadiyah 1 Karangagung, akan mendapatkan suntikan imunisasi, sehubungan dengan ditemukannya kasus difteri di Kabupaten Tuban yang diindikasikan belum berhenti, bahkan dirasa semakin meluas peredarannya.  Difteri adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diphtheriae. Difteri merupakan penyakit yang mengerikan di mana masa lalu telah menyebabkan ribuan kematian, dan masih mewabah di daerah-daerah dunia yang belum berkembang. Orang yang selamat dari penyakit ini menderita kelumpuhan otot-otot tertentu dan kerusakan permanen pada jantung dan ginjalAnak-anak yang berumur satu sampai sepuluh tahun sangat peka terhadap penyakit ini.

Menanggapi hal ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban melaksanakan Outbreak Response Immunization (ORI) sebagai langkah mengatasi penyebaran difteri tersebut.

Setelah beberapa menit di ruang kepala madrasah, para petugas dari PUSKESMAS menuju ke kelas VII-A untuk memulai imunisasi, stiap siswa maju satu-persatu untuk mendapatkan gilirian diimunisasi, tidak berdasarkan urutan tertentu, akan tetapi bagi siswa yang siap untuk diimunisasi langsung menuju beberapa petugas immunisasi yang telah siap dengan jarum suntik di tangan. Siswa-siswi di kelas lain menunggu dengan cemas gelisah, bahkan ada beberapa siswi yang menjerit ketakutan. Namun ada juga yang santai dan bahkan tertawa-tawa  J J ...

Tiba giliran  Kelas VIII-A para siswa yang sejak tadi menunggu dengan cemas gelisah kini mereka yang mendapat giliran diimunisasi, walaaaah...... ada seorang siswi menangis histeris, bergulung-gulung di lantai, berteriak-teriak menolak untuk diimunisasi J J ...

Bahkan kejadian unik terjadi di kelals VIII-B, beberapa siswi bersembunyi di bawah meja.. Haahh...??? JJJ... padahal mereka tetap kelihatan jelas ...hm...

Yah.... begitulah pelaksanaan imunisasi difteri yang dilaksanakan oleh petugas kesehatan dari PUSKESMAS Kecamatan, di MTs Muhammadiyah 1 Karangagung, penuh dengan keunikan-keunikan.
Sebenanya di MTs Muhammadiyah 1 Karangagung, imunisasi difteri ini sudah berlangsung yang ke-3 kalinya, dan menurut keterangan dari petugas dari PUSKESMAS, imunisasi kali ini adalah yang terakhir.
Semoga dengan imunisasi difteri ini, seluruh warga MTs Muhammadiyah 1 Karangagung, dapat terihindar dari bahaya demam berdarah

Redaksi
PR. IPM MTs Mutu






Tidak ada komentar:

Posting Komentar