pesan untuk anda

SELAMAT DATANG DI BLOG PR.IPM MTs MUHAMMADIYAH 1 KARANGAGUNG, MOHON SARAN DAN KRITIKNYA, TERIMA KASIH

Selasa, 27 November 2018

KBM santai


MADRASAHKU

Sejuk dan Asri



Selasa, 27 November 2018. Lingkungan tempat belajar sangat mempengaruhi terhadap warga yang tinggal di lingkungan tersebut, mempengaruhi aktifitas juga mempengaruhi hasil belajar.



Lingkungan yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa terdiri dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Lingkungan keluarga terdiri dari orang tua, susana rumah dan keadaan ekonomi keluarga. Lingkungan sekolah terdiri dari cara penyajian yang tidak menarik, hubungan guru dengan murid, hubungan anak dengan anak, bahan pelajaran yang terlalu tinggi, alat-alat belajar disekolah,  jam-jam pelajaran yang kurang baik. Lingkungan masyarakat yang terdiri dari mass media, teman bergaul, kegiatan dalam masyarakat, dan corak kehidupan tetangga.
Lingkungan belajar sebagai faktor eksternal siswa yang mempengaruhi prestasi belajar dapat digolongkan menjadi dua yaitu sebagai berikut.

1.    Lingkungan sosial
Lingkungan sosial di sekolah adalah seluruh warga sekolah, baik itu guru, karyawan maupun teman-teman sekelas, dan semua dapat mempengaruhi semangat belajar seorang siswa. Lingkungan sosial siswa di rumah antara lain masyarakat, tetangga dan juga teman-teman bergaul siswa dirumah yang mempunyai andil cukup besar dalam mempengaruhi belajar siswa. Lingkungan sosial yang dominan dalam mempengaruhi kegiatan belajar siswa adalah orang tua dan keluarga itu sendiri. Bentuk dan isi serta cara-cara pendidikan di dalam keluarga akan selalu mempengaruhi tumbuh dan berkembangnya watak, budi pekerti, dan kepribadian setiap manusia.

2.    Lingkungan non sosial
Lingkungan non sosial siswa yang berpengaruh terhadap belajarnya diantaranya adalah gedung sekolah dan letaknya, ruang tempat tinggal siswa, alat-alat belajar, keadaan belajar dan waktu belajar siswa, dan mass media. Adapun yang termaksut dalam mass media adalah bioskop, radio, televisi, surat kabar, majalah, buku-buku ,dan sebaginya. Diantara mass media tersebut yang berpengaruh besar terhadap belajar anak adalah televisi.

Dari berbagai faktor yang memperngaruhi tersebut, MTs Muhammadiyah 1 Karangagung berusaha menciptakan lingkungan yang dapat berpengaruh positif terhadap warga madrasah. Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di MTs Muhammadiyah 1 Karangagung, selain pembelajaran di dalam kelas, juga memanfaatkan lingkungan madrasah untuk belajar. Tentu saja  tempat khusus seperti Laboratorium Komputer, atau Ruang Audio Visual, Mushalla, Perpusatakaan, Laboratorium IPA pastilah digunakan, namun lain dari itu—pembelajaran dalam ruangan—tempat nogkrong anak-anak pun dapat disulap menjadi tepat belajar yang menyenangkan.
Semoga lingkungan di MTs Muhammadiyah 1 Karangagung selalu sejuk dan asri sehingga warga Madrasah senantiasa nyaman dan dapat menjalankan aktifitas sebagaimana tugas yang telah diemban dengan tidak ada aral apapun, dan mencapai target yang direncanakan.


Redekasi IPM MTs MUTU




Tidak ada komentar:

Posting Komentar