pesan untuk anda

SELAMAT DATANG DI BLOG PR.IPM MTs MUHAMMADIYAH 1 KARANGAGUNG, MOHON SARAN DAN KRITIKNYA, TERIMA KASIH

Senin, 26 November 2018

pelatihan JTA



PELATIHAN
Job Training Administration (JTA)






Sabtu, 24 Nopember 2018,  Sebagai realisasi program kerja dari Ketua Umum PR. IPM MTs Muhammadiyah 1 Karangagung, kali ini dilaksanakan Pelatihan Job Training Administration, sebagai bekal untuk seluruh staf IPM periode 2018/2019, agar lebih faham tentang bagaimana menata organisasi IPM dengan benar dan administratif,  penting kiranya kegiatan ini dilaksanakan.

Meskipun dirasa sedikit terlambat, dimana semestinya Pelatihan Job Training Administration direncanakan pada awal periode, namun karena tersedianya waktu untuk menyesuaikan dengan program kerja dari bidang-bidang yang lain juga kalender pendidikan MTs, sehingga pelatihan ini baru dapat dilaksanakan pada bulan Nopember ini.


Alhamdulillah, atas kerja sama yang baik dari panitia pelaksana, acara ini dapat berlangsung dengan sedikit kendala. Hari Sabtu jam 12.30, ba’ada jama’ah shalat dzuhur, panitia pelaksana telah menyiapkan meja dan daftar hadir peserta di depan kantor MTs, seksi konsumsi telah siap dengan bungkusan plastik kresek merah besar di depannya, eh.... ini istimewa sepertinya

Para peserta berderet teratur mengantri untuk tanda tangan cheking daftar hadir peserta, setelah tanda tangan para peserta diberikan 1 bungkus nasi lengkap dengan kuah dan lauk sederhanan, serta 1 gelas air mineral Suli 5 (Pesan sponsor, siapa tahu dapat sumbangan dana hehehe), kemudian para peserta menyebar mencari tempat duduk yang nyaman di sekitar MTs, ada yang di teras kelas, ada yang di teras perpustakaan, ada pula yang langsung menuju ruang pelatihan (Audio Visual), dan menikmati makan siang bersama.

Setalah semuanya menyelesaikan makan siang, tepat pukul 13.00 para peserta memasuki ruang Pelatihan untuk pembukaan. Diawali dengan pemubukaan dari MC, Vanessa  Octa Femina, dan Pembacaan Ayat Suci Al Qur-an oleh Prastyo, kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Muhammadiyah dan Mars IPM Berjaya.

Pembukaan yang sedianya dibuka oleh Kepala MTs Muhammadiyah 1, Bapak Bisri Musthofa, S.Pd.I, kali ini beliu tidak bisa membuka acara dikarenaka ada acara Majlis Tablig Muhammadiyah di Surabaya, sehingga digantikan oleh Pembina IPM, Bapak Isbah, jam 13.15 acara pembkaan selesai, dan para peserta istirahat selama 15 menit.

Kemudia jam 14.00 dilanjutkan dengan materi Pertama, yakni materi  Administrasi Keuangan dan Pelaporan, yang diampu oleh Bapak Isbah. Disini para peserta diberikan materi cara membuat anggaran, pencatatan keuangan, dan pelaporan, menggunakan softwere Mirosoft Excel. Meskipun materi disampaikan secara singkat, karena keterbatasan waktu, semoga dapat dimengerti oleh para peserta..

Jam 15.00 para peserta melaksanakan shalat ashar berjama’ah. Ba’da shalat ashar para peserta masuk kembali ke tempat pelatihan, sembari menunggu materi berikutnya, tepat jam 15.30 pemateri datang, kakak Afiyatin Mas’ulah dari Pimpinan Daerah IPM Tuban, segera seluruh peserta persilahkan masuk ke tempat pelatihan, tidak lupa kami sodorkan lembar Curriculum Vitae, sambil menunggu kaka Afiyatin mengisi Curriculum Vitae, moderator mulai membuka materi ke-2, kali ini yang menjadi moderator adalah Sabilal Arrasuly, setelah dibacakan bio data dari pemateri, segera dimulai materinya, ternyata kakak Afiyatin Mas’ulah adalah alumni MTs Muhammadiyah 1 Karangagung, semoga kami bisa mengikuti jejak kakak Afiyatin.

Materi ke-2 diakhiri jam 17.00, kemudian panitia mempersilahkan seluruh peserta untuk ISHOMA, istirahat shalat makan di rumah, dan kembali ke tempat pelatihan jam 19.00, ba’da isya’.

Ba’da Isya’, para peserta mulai bedatangan, secara rombongan atau sorangan, ada yang diantar orang tua, karena tidak berani berangkat sendiri, mengingat waktunya memang malah hari. Menjelang pukkul 19.45, pemateri ke-3 datang, Kakak Afif, beliau ini adalah Ketua Pimpinan Daerah IPM Tuban, stelah beberapa saat kemudian para peserta dipersilahkan masuk ke ruangan pelatahan, kemudian Kakak Afif disodorkan Curriculum Vitae, bersamaan itu pula Sab’atun Qomariyah langsung membuka acara dengan muqadimah sampai pembacaan CV, kemudian mempersilahkan Kakan Afif Untuk menyampaikan materi.

Meskipun tergolong masih sangat muda, Kakak Afif ini sangat mumpuni dalam mengampu materi, beliau ini baru kelas 11 SMA, sungguh sangat bangga Pimpinan Daerah IPM Tuban memiliki Ketua Umum seperti beliau ini. Yang masih mudah juga sangat cakap. Bahkan menurut berita beliau ini merupakan Ketua Umum Daerah termuda di Jawa Timur. Wow.. amazing

Tanpa terasa, setelah melihat dan memperhatikan pemaparan materi yang disampaikan oleh kakak Afif sampailah pada penghujung acara, Kakak afif menup materinya dengan salam.
Seusai materi ke-3 para pserta dipersilahkan untuk istirahat, di ruang kelas yang telah disiapkan, sebagian peserta langsung masuk untuk istirahat dan sebagian yang lain masih santai di luar ruangan, hanya sekedar bercengkrama ngobrol ngalor ngidul karena belum mengantuk, katannya..

Pukul 03.45 para peserta mulai dibangunkan untuk melaksanakan jam’ah shalat subuh, dengan raut muka yang masih mengantuk lantaran kuran istirahat, para peserta berjalan sempoyongan menuju tempat wudhu, seusai berwudhu satu persatu mereka mereka memasuki mushalla As Sakinah, ada yang langsung shalat tahiyatul masjid, ada yang langsung duduk membentuk shaf.
Tepat jam 04.00 Prastyo mengumandangkan iqamah, kemudian shalat  subuh berjama’ah, kali ini yang menjadi imam adalah bapak Isbah, seusai salam, pak Isbah memberikan kultum.
Seusai jama’ah subuh, panitia pelatihan meminta para peserta untuk berkemas dan bersih bersih lingkungan MTs. Sebelum acara purna, para peserta diminta untuk masuk kembali ke ruang pelatihan untuk evaluasi kegiatan, dan menyampaikan hal-hal yang perlu dibagi demi perbaikan acara di masa mendatang.

Semoga pelakasanaan Pelatihan Job Training Administration kali ini, akan dapat bermanfaan bagi seluruh anggota IPM MTs Mutu, dan menjadi pendoman dalam pelaksanaan organisasi, sehingga organisasi IPM di MTs Mutu akan semakin tumbuh berkembang dan tertib administrasi.

Nuun Wal Qalami Wamaa Yasthuruun...


By Amanda Dwi Ariyanti
Sekretaris Umum IPM MTs MUTU
Kelas IX




Tidak ada komentar:

Posting Komentar