pesan untuk anda

SELAMAT DATANG DI BLOG PR.IPM MTs MUHAMMADIYAH 1 KARANGAGUNG, MOHON SARAN DAN KRITIKNYA, TERIMA KASIH

Senin, 31 Desember 2018

bermain sambil belajar



BERMAIN SAMBIL BELAJAR

Senin, 31 Desember 2018. Sekali merengkuh dayung dua tiga pulau terlampaui, demikian pepatah yang sering kita dengar, kiranya itu yang bisa menggambarkan kegiatan PR. IPM MTs Muhammadiyah 1 Karangagung, pada hari ini.

                                                             

Dimulai sejak pukul 80.00 memburu berita di sekitar tempat tinggal masing masing peserta, tepat pukul 13.00, menulis berita, seting dan editing dan mencetak berita, pukul 17.15 para peserta diberi kesempatan Istirahan Shalat dan makan (ISHOMA)

Pukul 19.30 para peserta sudah kembali ke Madarasah untuk mengikuti Kajian Islam, dan ditutup  dengan renungan malam.

Renungan malam kali ini tidak diisi dengan  wejangan-wejangan atau sugesti-sugesti yang membuat peserta pelatihan menjadi mbrebes mili alias menangis, namum renungan malam kali ini diisi dengan bermain sambil belajar.

Plickers, apakan sudah akrap ditelinga anda? J J sepertinya belum familiar, Plickers merupakan penyajian quiz dengan cara unik, yakni setiap peserta mendapatkan sebuah Plickers Card (kartu Plickers), dan dengan bantuan piranti laptop dan Hand Phone (HP), dan LCD Projector, Pengampu soal menyajikannya quiz dengan menayangkan soal melalui Projector, lantas peserta menjawab dengan cara mengankat atau menghadapkan Plickers Card sesuai dengan jawaban yang diinginkan, kemudia pengampu soal menangkap jawaban peserta melalui HP, dan secara automatic jawaban akan terrekam kedalam master Plickers, dan dapat diketahui berapa nilai yang didapat oleh peserta quiz.
Hal ini dapat digunakan oleh para pengajar, agar murid akan lebih terpacu dalam belajar, karena disini murid diajak untuk bermain, namun sesungguhnya mereka sedang belajar.

Semoga lebih menambang pengetahuan kita tentang cara belajar, sehingga pembelajaran tidak monoton, dan bermanfaat hasilnya.

Nuun Wal Qalami wamaa yasthuruun.

Team Redaksi PR IPM MTs Mutu












Tidak ada komentar:

Posting Komentar