pesan untuk anda

SELAMAT DATANG DI BLOG PR.IPM MTs MUHAMMADIYAH 1 KARANGAGUNG, MOHON SARAN DAN KRITIKNYA, TERIMA KASIH

Senin, 31 Desember 2018

Pelatihan Jurnlistik



PELATIHAN JURNALISTIK

Senin, 31 Desember 2018, Sebagai tindak lanjut dari progam kerja dari bidang Pengkajian Ilmu Pengetahuan (PIP) untuk lebih mengaktifkan Majalah Dinding (Mading) juga blog milik PR. IPM MTs Muhammadiyah 1 Karangagung, maka pada hari ini Senin, 31 Desember 2018, seluruh staf IPM berseta
perwakilan kelas, diundang untuk  Pelatihan Jurnalistik.

Dengan Pelatihan ini diharapkan kepada  staf agar dapat mengisi mading, atau blog yang selama ini dirasa kurang maksimal.









Sebenarnya pelatihan ini dimulai pukul 08.00, hanya saja pada jam tersebut pelaksanaannya di rumah masing masing peserta, atau lebih tepatnya di sekitar tempat tinggal peserta, dimana tugasnya adalah mencari berita di seputaran tempat tinggal pesertan.


Adapun kedatangan peserta di tempat pelatihan dijadwalkan mulai ba’da Dzuhur, tepatnya jam 12.30, para setaf mulai mengisi daftar hadir yang telah disediakan oleh panitai, selanjutnya para peserta memasuki ruangan yang telah disediakan kemudian untuk mempersingkat kagitan, moderator langsung mempersilahkan pemateri untuk menyampaikan materi pertama, yakni Penulisan Berita.






Kali ini Bapak Isbah, M.Pd.I, yang didapuk untuk mengisi materi Penulisan Berita, dibukan dengan muqadimah sebentar, dan dilanjut dengan penulisan berita, dari hal hal yang berkaitan dengan apa saja yang harus ditulis dalam berita, dan bagaimana menulis berita dengan mudah.

Kemudian dilanjutkan dengan menuangkan berita yang telah didapat oleh peserta pada pagi hari tadi, ke dalam kertas, atau dengan laptop,

Pera peserta diberi sebuah laptop untuk menuliskan berita. Meskipun dengan keterbatasan pengetahuan penulisan berita, namun berkat bimbingan dari Pemateri, maka para peserta merasa sangat mudah dalam menulisnya.

Selain mading, PR IPM MTs mutu juga berharap, bila suatu saat nanti yang aktif bukan hanya mading, dan blog, Ini juga untuk melatih agar bisa menulis sebuah berita yang di tuangkan dalam selembar kertas maupun majalah yang telah dibuat nantinya akan dilihat banyak orang karya kita atau berita kita.

Jurnalistik juga membantu kita belajar berbicara karena berita juga bisa berupa wawancara orang yang akan kita jadikan berita seperti mewawancarai tukang bakso atau penjual perlengkapan sekolah maupun perlengkapan pokok itu kan bisa membuat kita lebih enjoy berbicara dengan orang yan kita kenal maupun orang yang tidak kita kenal.

Semoga kegiatan kali ini akan bermanfaat bagi kita semua, khususnya para staf PR. IPM MTs Mutu Karangagung.

By. Arofah Salvinas
Kabid PIP
Kelas : IX

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar